Rabu, 27 Maret 2019

Praktikum 6 Membuat Animasi Logo Komunitas

1. Tujuan 
      Menerapkan pengalaman praktikum sebelumnya pada masyarakat sekitar. Studi kasus komunitas-komunitas di MMB.

2. Alat 
    - Adobe After Effect
    - Adobe Illustrator

3. Bahan 
    Logo Komunitas Review Game MMB

4. Dasar Teori 
    Bumper adalah animasi pembuka atau penutup dalam sebuah program video yang merupakan animasi pendek yang menggambarkan identitas sebuah acara atau instansi. Dengan adanya bumper tersebut, acara atau instansi tersebut akan mudah dipahami oleh pemirsa tanpa perlu penjelasan yang panjang lebar.
Bumper dibagi menjadi 2 kategori, yaitu bumper in dan bumper out. Bumper in yaitu signature untuk masuk ke segmen dalam program video. dan bumper out yaitu signature tanda segmen itu berakhir. Bumper terdiri dari 3 macam, antara lain :
  1. Bumper atau potongan dalam bagian dan berdurasi 5-10 detik, yang biasanya ditampilkan sebelum atau sesudah break show.
  2. Opening bumper atau bagian pembuka acara dan berdurasi 25-30 detik, bumper ini biasanya ditampilkan pada awal acara.
  3. Promotion bumper sesuai dengan namanya bumper ini dikemas dalam bentuk promosi acara dan ditayangkan pada jam dan acara yang telah di tentukan, dan berdurasi 10-15 detik.
5. Tugas Praktikum
     Buatlah animasi logo untuk komunitas di MMB

6. Petunjuk Praktikum
     -  Gunakan pengalaman-pengalaman praktikum sebelumnya untuk mengerjakan praktikum ini.
     -  Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
     -  Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap progress.
     -   Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 6 dan ke 7.
     -   Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 6 dan laporan prak 07.
     -   Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
     -    Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing anggota tim.

7. Hasil Praktikum
    Sreenshot Tracing di AI




    Hasil




8. Kesimpulan 
      Pada Praktikum kali ini kami masih dalam proses mentracing sebuah logo komunitas Review Game yang dimana logo tersebut harus kita ubah menjadi format AI supaya kita lebih mudah dalam proses penganimasikannya.

9. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Praktikum 15 - Otomasi Lintas Aplikasi

1. Tujuan  Mahasiswa dapat mempelajari visual programming melalui tool untuk integrasi antar aplikasi 2. Alat - Zapier (https://zapier....