Kamis, 14 Maret 2019

Praktikum 4 Logo 3D 360 (Camera,Lighting dan Material)

1. Tujuan
Mahasiswa data memahami tenting elemen yang bisa ditambahkan pada Sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting dan Material. Camera Path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat 

  • Laptop/PC
  • Maxon Cinema 4D R16   
3. Bahan 
Logo PENS, hasil praktikum sebelumnya 

4. Dasar Teori 
        Motion guide pada adobe flash merupakan garis atau jalur pergerakan yang kita buat untuk menghubungkan posisi objek dari frame satu ke frame lainnya. Camera Path pada cinema 4D merupakan jalur kamera dimana kamera dapat mengarah ke objek walau sedang dalam perubahan posisi (bergerak). Motion guide ini biasanya ada pada animasi 2D dan sering digunakan di Adobe Flash. Sedangkan camera path tidak jauh berbeda dengan motion guide. Namun, karena camera path berfokus pada animasi 3D, maka pada penggunaanya kita dapat menggunakannya dengan mengatur angle dari sumbu x, y, dan z.
        Physical sky merupakan elemen latar belakang pada cinema 4D dimana keadaan background yang menyerupai keadaan langit dapat disesuaikan dengan tanggal dan waktu. Area Light merupakan bagian pada cinema 4D yang digunakan untuk memberikan tambahan pencahayaan dan dapat disesuaikan intensitas beserta arah dari cahaya tersebut, sehingga cahaya dapat menerangi bagian objek yang diinginkan sesuai dengan tingkat pencahayaan yang ditentukan.
        Material biasanya ditambahkan pada akhir pembuatan animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari animasi yang telah dibuat, misalnya memberikan tekstur pada objek seperti tekstur mengkilat/glossy. Glitter, dll. Terdapat beberapa elemen pada material yakni color, diffusion, luminance, transparency, environment, bump, fog, dll.

5. Tugas Praktikum
  •   Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path.
  •  Lighting sederhana dan mudah menggunakan physical sky dan area light.
     6. Petunjuk Praktikum
       Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

        1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
            https://www.youtube.com/watch?v=q_XqAbhnaVs

        2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
            https://www.youtube.com/watch?v=PHk3vp0MaWI

        3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
            https://www.youtube.com/watch?v=J29DNrprKkk

        4. Menambahkan Material
            https://www.youtube.com/watch?v=L1dp055v9XM

      7. Hasil Praktikum 



      8. Kesimpulan 


    Cinema 4D merupakan software 3D yang bisa digunakan untuk membuat gambar 3D, animasi 3D, bahkan film 3D. Pada praktikum ini saya baru pertama kali mencoba software cinema 4D dan masih banyak yang salah karea saya belum paham, sehingga saya hanya mengikuti petunjuk tutorial yang diberikan. 

      9. Referensi 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Praktikum 15 - Otomasi Lintas Aplikasi

1. Tujuan  Mahasiswa dapat mempelajari visual programming melalui tool untuk integrasi antar aplikasi 2. Alat - Zapier (https://zapier....